Jumat, 31 Desember 2010

Cara bermain kartu YU-GI-OH!

Lebih mendalam tentang Permainan Kartu Yu-Gi-Oh!

Peraturan Dasar & Cara Bermain

 

Dalam show Anime / Manga, setiap pemain diberikan LP (Life Points) sebesar 2000 atau 4000, namun pada permainan di real-life / sungguhan, tiap pemain diberikan nyawa sebesar 8000 LP.
Minimal kartu dalam deck harus ada minimal 40 buah, dan maksimal 60 buah jika kelebihan atau kurang maka pemain akan didisfikualisasi. Pada peraturan sebelumnya batas kartu yang bisa dipakai di deck secara berurutan adalah tak terbatas atau 80 buah
(CATATAN : Hanya boleh ada maksimal 3 kartu yang bernama sama persis dalam sebuah deck.)
Maksimal kartu yang ada di tangan, pada saat End Phase adalah 6, lebih dari itu harus dibuang jumlah yang berlebih ke dalam Graveyard, kecuali terdapat efek kartu khusus seperti Infinite Card.
Life Point yang berkurang biasanya sesuai selisih attack point musuh dengan attack point monster sendiri dan dalam posisi menyerang, sedangkan monster dalam posisi bertahan life point pemian tidak berkurang. Jika monster menyerang dengan musuh poin serangan sama, maka kedua monster akan hancur dan tidak terjadi damage pada life point.

Kondisi untuk memenangkan suatu duel adalah salah satu dari kondisi berikut (yang mana yang lebih dahulu terpenuhi) yaitu: Menghabiskan "Life Point" Musuh sehingga 0, atau Lawan menyerah atau Menghabiskan Deck Lawan sehingga lawan tidak dapat menarik kartu lagi dari tumpukan deck atau Akibat efek dari kartu tertentu seperti Exodia thr Forbidden One, Destiny Board, Final Countdown, Ulevo, atau Vennominaga the Deity of Poisonous Snakes.
Untuk MATCH DUEL, adalah duel dengan sistem pertandingan, yaitu lebih dahulu memenangkan duel 2 dari 3 pertandingan. Biasanya pertandingan ini yang dilakukan pada pertadingan, karena lebih adil. Namun itu juga tergantung dari kesepakatan kedua pemain

Catatan Kaki :
Pada setiap beberapa bulan, akan selalu keluar daftar kartu kartu yang dilarang, dilimit, atau dibatasi maksimal 2, biasanya daftar ini diperbaharui pada bulan Maret dan September tiap tahunnya:
(en) Daftar kartu yang dilarang: Kartu Yang Dilarang/Dibatasi
Peraturan di manga mengalami beberapa kali perubahan, contoh yang paling jelas adalah pada Timeline Legend of Blue Eyes White Dragon Summon monster tidak membutuhkan Tribute apapun dan setiap pemain hanya diberi 2000 LP. Hal ini berubah ketika memasuki pertarungan God Cards di Domino City, dimana membutuhkan Tribute (korban) dan diberi 4000 LP.

Area Permainan

Area permainan pada permainan Yu-Gi-Oh! terbagi atas:

Field Magic
Monster Zone
Monster Zone
Monster Zone
Monster Zone
Monster Zone
Graveyard

Extra Deck
Spell / Trap Zone
Spell / Trap Zone
Spell / Trap Zone
Spell / Trap Zone
Spell / Trap Zone
Deck
Monster Field / Field(s)
Tempat menaruh monster yang aktif di arena, jumlah maksimal 5
Spell/Trap Field(s)
Tempat menaruh kartu Magic/Spell dan Trap, jumlah maksimal 5
     Field Magic Field
Kartu ini mengubah area pertarungan, bukan berada di Spell / Trap Field tapi hanya diperbolehkan satu saja di setiap area pemain. Posisi kartu ini tidak diaktifkan pada S/T (Spell/Trap) Zone, tetapi memilik tempat tersendiri (khusus). Dan hanya boleh ada 1 spell field yang aktif. Apabila pemain lawan mengaktifkan spell field, makan spell field yang lama dan telah aktif, ada dihancurkan dan berganti dengan spell baru secara otomatis
     Hand
Kartu di tangan maksimal 6, lebih dari itu pada setiap End-turn, player yang memiliki kartu yang berlebih harus membuang kartu yang ada di tangan player sehingga berjumlah 6 kembali, kecuali efek kartu yang aktif seperti Infinite Card.
     Deck
Jumlah minimal harus 40 kartu tidak boleh kurang, tetapi boleh lebih, maksimal 60 kartu.
     Graveyard
Area tempat penampungan kartu-kartu monster yang telah "mati" dalam pertempuran, atau kartu-kartu spell/trap yang telah terpakai
     Remove from Play
Berfungsi sama seperti graveyard, fungsi semula area ini adalah kartu kartu dalam area ini dianggap telah hilang dari permainan, sehingga apabila pemain mengaktivasikan kartu dalam area Remove From Play tidak dimasukkan kembali ke dalam deck, namun seiring dengan berkembangnya permainan, kini telah banyak support untuk Remove From Play.
     Extra Deck
Dulu bernama Fusion Deck, yang tidak memiliki batas maksimal, yang pada 2009 dirubah, sehingga kini disebut Extra Deck, dan hanya memiliki batas maksimal 15 kartu saja. Extra Deck adalah tempat menaruh Fusion Monster dan Synchro Monster. (dan kemungkinan besar untuk menaruh monster Excess Summon pada YGO ZeXaL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar